About Us

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rumah Qur’an Mahasiswa (RUMAH QURMA adalah salah satu organisasi kemahasiswaan intra kampus di Universitas Islam As-Syafi’iyah yang bergerak  di bidang pengembangan Ilmu Baca Qur’an. Berdiri tanggal 22 September 2017 dengan berdasarkan kepada SK Majelis Permusyawaran Mahasiswa (MPM) nomor 004/SK/MPM-KBM-UIA/XII/2017 dan di lantik pada tanggal 29 januari 2018 oleh BEM KBM UIA berdasarkan keputusan rektor UIA nomor: SKEP 03/01/UIA/1/1991 di gedung Abdullah syafi’I lantai 2 kampus 1 Universitas Islam As-Syafi’iyah.

Didirikan oleh seorang aktivis muda islam yang juga mahasiswa di Universitas Islam As-Syafi’iyah bernama Teguh Ananda (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis) bersama 6 orang teman-nya :

1. Ahmad Irfan Muqsit (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis)
2. Muhammad Alif Ridhowi (Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan)
3. Afifi Umar (Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan)
4. Imam Abu Rizal (Fakultas Agama Islam)
5. Nisa Mulki Sabilah (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis)
6. Siti Arfa Namsa (Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan)

UKM Rumah Qur’an Mahasiswa dibina oleh pembina yang bernama Muhajir, SE, MM. selaku Dosen dan Kepala MPK Universitas Islam As-Syafi’iyah. UKM Rumah Qurma terdiri dari 3 Bidang pada tahun itu yaitu :
1. Bidang Pendidikan
2. Bidang Sumber Daya Manusia
3. Bidang Informasi Dan Komunikasi

Didirikan atas dasar untuk membudayakan belajar Al-Qur’an dan Kepemimpinan Islam untuk menjadi wadah pembinaan dan penempaan bagi para pecinta Al-Qur’an yang tercermin didalam mottonya yaitu “BELAJAR, MENGKAJI, MENGAMALKAN”.

UKM Rumah Qurma mempunyai berbagai program pembinaan belajar qur’an dan kepemimpinan di antara lain :
1. Ilmu Tajwid
2. Tahsin
3. Tahfidz
4. Studi Komparatif Nasional
5. Kepemimpinan Manajemen Organisasi
6. Event-Event Islami.